Cara Mengatasi Rasa Panas Di Telapak Kaki

Cara Mengatasi Rasa Panas Di Telapak Kaki – Penyebab Telapak Kaki Panas dan Cara Menghilangkannya Tanggal Terbit: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 Diulas 13 Juni 2019 Waktu Baca: 6 menit

Pernahkah Anda merasakan telapak kaki terasa panas, kesemutan, atau bahkan terasa kental? Meski hal ini biasa terjadi dan terkadang bukan merupakan masalah serius. Namun, Anda patut berhati-hati, sebab telapak kaki panas bisa jadi disebabkan oleh penyakit yang lebih serius dan memerlukan penanganan khusus.

Cara Mengatasi Rasa Panas Di Telapak Kaki

Coba lihat di bawah Kaki kita merupakan bagian tubuh yang paling menanggung beban dalam beraktivitas sehari-hari. Munculnya kondisi yang tidak biasa seperti telapak kaki panas patut menjadi perhatian, apalagi kondisinya semakin hari semakin parah.

Langkah Langkah Perawatan Kaki Diabetes Yang Benar

Rasa terbakar pada telapak kaki biasanya disertai rasa nyeri yang terasa seperti tertusuk jarum. Gejalanya bervariasi, dari ringan hingga berat, dan dapat bersifat jangka pendek (akut) atau jangka panjang (kronis). Meski bisa menyerang siapa saja, keluhan ini biasanya dialami oleh orang berusia 40 tahun ke atas.

Bagi Anda yang kini sedang mengalami nyeri pada telapak kaki, pastinya banyak pertanyaan yang muncul. Misalnya saja apa yang menyebabkan telapak kaki menjadi panas? Apakah karena virus, bakteri, cedera, atau bahkan penyakit serius? Yang jelas munculnya rasa terbakar di telapak kaki bisa disebabkan oleh beberapa gangguan kesehatan.

Seperti yang terlihat pada daftar di atas, ada banyak kondisi dan penyakit yang bisa menyebabkan kaki panas. Namun, beberapa jenis penyakit yang sangat serius, seperti HIV dan penyakit ginjal kronis, dapat mempersulit menghilangkan sensasi terbakar di kaki Anda.

(!) Untuk mengetahui penyebab pasti rasa panas di telapak kaki, Anda harus berkonsultasi ke dokter. Kapan Anda harus segera menemui dokter?

Bagaimana Cara Sembuh Dari Plantar Fasciitis? » Klinik Patella

Untuk meredakan awal, Anda dapat menggunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen yang dijual bebas tanpa resep dokter. Namun jika tidak kunjung membaik, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Selain itu, masih banyak pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan bahkan menghilangkan rasa perih pada telapak kaki.

Mengalami sensasi terbakar pada telapak kaki tentu sangat tidak nyaman dan membuat Anda kesulitan berjalan dalam jangka waktu tertentu. Jadwal aktivitas sehari-hari terganggu. Untungnya, banyak bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk meredakan rasa tidak nyaman pada kaki.

Akar kuning tanaman ini sering digunakan sebagai obat tradisional, salah satunya untuk meredakan rasa panas pada telapak kaki. Kunyit dipercaya dapat meningkatkan aliran darah dan membantu melawan peradangan. Untuk mendapatkan manfaatnya gunakan cara berikut ini:

Penyebab Telapak Kaki Pecah Pecah Dan Cara Mencegahnya

Cara mengatasi sol panas ini adalah yang paling mudah. Rendam saja kaki Anda yang panas dalam air dingin.

See also  Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi Di Usia Muda

Cara ini tidak hanya bisa meredakan rasa terbakar, tapi juga meredakan nyeri pada kaki, apalagi jika telapak kaki panas disebabkan karena berjalan dalam waktu lama.

Cukup tuangkan air ke dalam wastafel, tambahkan es batu, biarkan es mencair dan buat suhu air menjadi dingin. Kemudian rendam kaki Anda dalam air panas hingga terasa lebih baik.

Harap dicatat bahwa jika telapak kaki Anda terasa panas karena nyeri dan kemerahan, jangan gunakan air dingin, karena dapat membuat kaki Anda panas. 3. Air hangat

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Melepuh Bagi Jemaah Haji?

Sama seperti merendam kaki di air dingin, air hangat juga bisa meredakan rasa perih di telapak kaki. Pasalnya, air hangat dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan pada otot kaki.

Metode ini paling baik digunakan untuk sol yang memanas akibat trauma, ketegangan otot, kelelahan, dan masalah sirkulasi pada kaki.

Cara lain untuk menghilangkan rasa panas di telapak kaki adalah dengan menggunakan garam Epsom. Garam ini juga biasa digunakan untuk meredakan nyeri dan pegal pada punggung dan otot lainnya.

Cara penggunaannya untuk meredakan panas pada kaki sangat sederhana, tuangkan garam epsom ke dalam baskom berisi air hangat. Kemudian rendam kaki Anda setidaknya selama 15-20 menit hingga rasa nyeri dan panas pada kaki hilang.

Benarkah Kaki Terasa Panas Tanda Asam Urat? Begini Penjelasannya

Ternyata daun herbal yang biasa digunakan dalam masakan ini juga bisa digunakan untuk meredakan rasa perih di kaki. Apalagi jika penyebabnya karena kelelahan dan gangguan peredaran darah pada kaki.

Vitamin B3 dikenal karena kemampuannya memperkuat sistem saraf dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Secara alami, khasiat tersebut bisa membuat kaki panas Anda terasa lebih baik.

Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup memperbanyak asupan makanan yang banyak mengandung vitamin B3, seperti gandum utuh, sayuran hijau, kacang-kacangan, polong-polongan, susu, yogurt, kacang tanah, dan telur. Namun, jangan menggunakannya jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu jenis makanan tersebut.

Cuka apel juga bisa digunakan untuk meredakan sensasi panas pada telapak kaki. Cara ini dapat membantu mengembalikan kadar pH tubuh menjadi normal, sehingga menghilangkan rasa terbakar di telapak kaki Anda.

Penyebab Kaki Sering Terasa Panas (burning Feet Syndrome) Di Malam Hari

Bumbu dapur ini dikenal dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan bersifat anti inflamasi. Inilah sebabnya mengapa jahe juga bisa digunakan untuk mengobati telapak kaki panas. Anda bisa mendapatkan manfaat jahe dengan cara berikut ini:

Sayuran yang rasanya pahit ini juga bisa digunakan untuk meredakan rasa panas di kaki Anda. Cara ini dikenal sangat efektif bagi banyak orang. Anda cukup menumbuk beberapa buah pare hingga hancur dan berbentuk pasta.

See also  Top Up Ovo Sms Banking Bni

Oleskan pasta ini pada area kaki Anda yang terasa panas, dan rasakan manfaatnya. Ulangi cara ini untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pijatan kaki yang lembut dipadukan dengan efek relaksasi minyak zaitun, kelapa, atau mustard merupakan salah satu cara terbaik untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat sensasi terbakar di telapak kaki. Pijat tidak hanya memberikan efek menenangkan, tapi juga dapat melancarkan sirkulasi darah.

Penyebab Kulit Telapak Kaki Mengelupas Dan Cara Mengatasinya

Pijat kaki pada pagi atau malam hari sebelum tidur. Pijat secara lembut tanpa menggunakan alat berat dengan tekanan yang kuat.

Berdasarkan 10 cara alami meredakan telapak kaki panas di atas, tujuan utamanya adalah meningkatkan sirkulasi darah di telapak kaki. Salah satu cara non-obat terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah adalah olahraga.

Untuk itu sisihkan waktu setiap hari untuk berolahraga agar peredaran darah di tubuh Anda selalu lancar, begitu juga di kaki Anda. Cobalah berjalan tanpa alas kaki di atas rumput lembut atau pasir selama beberapa menit di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Hindari menggunakan sepatu reflektif atau berjalan tanpa alas kaki di atas batu. Alih-alih menyembuhkan, cara ini justru akan memperburuk kondisi.

Telapak Kaki Terasa Panas: Mengatasi Tak Nyaman Di Kaki

Dia ingat! Tidak ada jaminan hasil setelah menerapkan cara-cara di atas. Jika rasa terbakar di kaki Anda semakin parah atau berlangsung lama, segera dapatkan bantuan medis. Tip lain untuk menghindari telapak kaki Anda terbakar

Tim editorial berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Rowcroft NT, dkk. (2017). Pengamatan Flight Letnan Beach tentang sindrom kaki terbakar pada tawanan perang di Timur Jauh 1942-1945. DOI: (https://academic.oup.com/qjmed/article-abstract/110/3/131/2681817?redirectedFrom=fulltext)

Friberg D, dkk. (2013). sakit merah? Sebuah studi klinis terhadap orang-orang dengan kaki merah, panas dan nyeri di masyarakat. DOI: (https://www.hindawi.com/journals/ijvm/2013/864961/)

Jual Obat Kaki Bengkak Apotik Terlengkap & Harga Terbaru Februari 2024

Kulipara, Haritha dan Gandikota, Raghurama R, Arumili, Krishna P dan Priyanka, Shaini. (2018). Kaki dan tungkai merah, panas, nyeri: nyeri kemerahan. Majalah Dr. NTR Universitas Ilmu Kesehatan. 7.83.10.4103/JDRNTRUHS.JDRNTRUHS_7_18.. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/323919459_Red_hot_painful_feet_and_legs_Erythromelalgia)

Thakur, Vishal D, Dipankar. (2019). Kaki panas membara. Jurnal Penyakit Dalam Eropa. 67.10.1016/j.ejim.2019.05.014.. Gerbang Penelitian. (https://www.researchgate.net/publication/333154710_Burning_red_hot_feet)

Laser, Robert. (2001). Kaki panas: nyeri, kemerahan dan gangguan terkait. Jurnal Ilmu Saraf Anak. 16.199-202. 10.1177/088307380101600307..Gerbang Penelitian. (https://www.researchgate.net/publication/12028155_Hot_Feet_Erythromelalgia_and_Related_Disorders)

Artikel ini ditujukan untuk informasi kesehatan saja dan bukan merupakan diagnosis medis. Kami menyarankan Anda untuk terus berkonsultasi secara langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Penyakit Pada Kaki Dan Cara Mengatasinya

Konten ditulis atau direview oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber terpercaya.

See also  Make Up Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

Tim editorial berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses pengeditan selengkapnya di sini.

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, Anda dapat menyampaikannya kepada kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau melalui email di [email protected], Jakarta. Penyebab telapak kaki pecah-pecah bisa dipengaruhi oleh kebiasaan dan kondisi kesehatan tertentu. Kaki pecah-pecah di area tumit merupakan masalah umum yang dialami banyak orang. Namun, tentu tidak ada seorang pun yang ingin mengalami masalah kesehatan ini, karena tidak sedap dipandang mata.

Tidak hanya itu, jika masalah kaki pecah-pecah atau retakannya sangat dalam, terkadang dapat menimbulkan rasa sakit saat berdiri atau berjalan. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk mendapatkannya secara alami.

Cara Mengatasi Kulit Kering Di Telapak Kaki Menurut Ahli

Tentunya Anda perlu mengetahui penyebab sol retak terlebih dahulu agar bisa mencegahnya. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara mudah dan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, terutama pada area kaki.

Penyebab telapak kaki pecah-pecah biasanya dipengaruhi oleh kebiasaan, pekerjaan, aktivitas sehari-hari atau beberapa kondisi medis yang Anda derita. Kulit kaki pecah-pecah biasanya terjadi pada bagian telapak kaki, meski bisa juga menyebar ke area lain.

Untuk mencegah terjadinya hal yang menjadi penyebab sol pecah-pecah, sebaiknya hindari kebiasaan ini sepenuhnya. Setidaknya dengan mengurangi kebiasaan penyebab telapak kaki pecah-pecah, Anda bisa menjaga kaki tetap sehat dan bebas retak.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kondisi kesehatan juga bisa menjadi faktor penyebab kaki pecah-pecah karena kebiasaan. Berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kaki pecah-pecah, antara lain:

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah Dari Dalam Dan Luar

Cara pertama adalah dengan mengaplikasikan pelembab secara rutin. Ada beberapa jenis dan bahan pelembab yang bisa digunakan, seperti minyak mineral, gliserin, dan urea. Salah satu jenis pelembap yang bermanfaat untuk kaki pecah-pecah adalah Vaseline.

Pelembab dapat digunakan pada pagi dan sore hari. Oleskan pelembap pada kulit bermasalah di kaki Anda, dan kenakan kaus kaki yang nyaman agar pelembap lebih terserap. Pelembab ini akan memperbaiki kulit yang rusak dan menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga kaki pecah-pecah bisa sembuh.

Anda mungkin familiar dengan batu

Penyebab rasa panas pada telapak kaki, cara menghilangkan rasa panas di telapak kaki, mengatasi telapak kaki panas, cara mengatasi telapak kaki yang panas, cara mengobati rasa panas di telapak kaki, rasa panas di telapak kaki, panas di telapak kaki, cara mengatasi telapak kaki terasa panas, cara mengatasi rasa panas pada telapak kaki, rasa panas pada telapak kaki, cara menghilangkan rasa panas pada telapak kaki, cara mengatasi telapak kaki panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *