Cara Masak Cumi Kering Biar Empuk

Cara Masak Cumi Kering Biar Empuk – Cumi kering merupakan hasil pengawetan garam alami. Tentu saja karena garamnya yang cukup banyak, rasa cuminya sangat asin. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan daging cumi dengan benar sebelum dimasak.

Sehingga ketika digoreng, makanan tersebut tidak terlalu asin dan tidak enak untuk disantap. Nah, untuk mengurangi kandungan garam pada cumi kering, cobalah lima langkah berikut ini.

Cara Masak Cumi Kering Biar Empuk

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci cumi asin dengan air mengalir. Saat mencuci, gosok permukaan cumi agar garam yang menempel ikut keluar bersama air.

Resep Tumis Ikan Asin Cumi Pedas

Setelah dicuci dengan air mengalir, rebus airnya lalu gunakan untuk merendam cumi. Rendam cumi kurang lebih 15 menit. Jangan lupa sesekali diaduk untuk melarutkan garam.

Selain menghilangkan garam yang menempel, bau amis pada cumi juga penting untuk dihilangkan. Caranya adalah dengan menggunakan perasan jeruk nipis. Setelah cumi dicuci, saring, lalu tambahkan perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih satu menit, lalu bilas kembali hingga bersih.

Untuk menghilangkan sisa garam sepenuhnya, Anda bisa memasak cumi asin segera sebelum diolah. Selain menghilangkan garam, merebus cumi asin juga bisa membuatnya empuk dan empuk.

Saat membuat cumi asin, lebih baik menambahkan garam di akhir daripada di awal. Ini mencegah makanan menjadi terlalu asin. Meski sudah dicuci bersih, ditambah air jeruk nipis dan dimasak, rasa cuminya tetap asin. Makanya penting untuk mencicipi makanannya terlebih dahulu sebelum menambahkan garam, ya.

Resep Cumi Asin Cabe Ijo, Menu Seafood Mantap Dengan Sentuhan Petai Yang Lezat

Kini Anda tak perlu ragu untuk mengolah cumi asin. Asalkan Anda tahu caranya, cumi tidak akan membuat makanan Anda menjadi asin dan tetap lezat.

See also  Cara Menarik Uang Di Dana Tanpa Ktp

Komunitas IDN Times merupakan media yang menyediakan wadah untuk menulis. Setiap karya tulis yang tercipta merupakan tanggung jawab penuh penulisnya. Salad merupakan salah satu cara mengawetkan makanan yang telah digunakan manusia selama ribuan tahun. Makanan yang asin akan bertahan lebih lama karena adanya proses osmosis. Proses osmosis merupakan proses kimia dimana garam mengikat cairan pada bahan makanan sekaligus mencegah masuknya mikroorganisme untuk berkembang biak.

Yang diasinkan agar tahan lebih lama saat disimpan. Satu hal yang memiliki kesamaan adalah ikan asin dan cumi asin.

Kalau bicara cumi asin, siapa yang bisa menyangkal kelezatan rasanya? Namun banyak orang yang enggan mengolahnya karena takut dengan rasa asin. Jangan khawatir ladies, cumi asin bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat jika Anda tahu cara mengolahnya.

Cara Mencairkan Cumi Beku Dari Freezer, Agar Aman Dan Gak Alot Saat Masuk Mulut Harus Rendam Di Air Ini

Cumi asin diolah dengan berbagai cara, yang belum diketahui kebersihannya. Cumi asin harus dicuci terlebih dahulu untuk menghindari kontaminasi bakteri. Caranya adalah dengan merendam cumi asin dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit. Kemudian buang airnya dan cuci cumi dengan air mengalir. Tiriskan dengan baik.

Cumi asin harus direndam terlebih dahulu sebelum diolah karena biasanya kering dan memiliki rasa asin yang kuat. Setelah dicuci, Anda bisa merendamnya kembali dalam air panas selama 15 menit untuk melunakkan cumi. Cumi asin bisa direndam dalam air jeruk nipis bening selama 20 menit atau dalam air jeruk nipis selama 15 menit.

Masak cumi asin dengan api sedang sebentar saja agar teksturnya tetap empuk. Jika terlalu lama memasak cumi asin, dagingnya menjadi kenyal dan tegang sehingga tidak enak lagi.

See also  Download Vpn For Pc Free Unlimited

Demikian tips mengolah cumi asin sebelum diolah. Tidak yakin harus memasak apa? Favorit tim untuk olahan ini adalah cumi asin goreng pedas. Dijamin tambah nambah nasinya. Ayo, cobalah!

Ini Resep Nya 🥰🥰😍😍✨

Presiden AS Joe Biden mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang 12 jam lalu berjanji akan memperluas kerja sama dengan Indonesia.

6 Potret Tariq Halilintar dan Aaliyah Massaid Menyaksikan Debat Wakil Presiden di Panitia Bersama, Serasi Mengenakan Pakaian Adat Jawa

6 Inspirasi Gaun Serba Putih Membosankan untuk Salat Iduladha dari Laura Moanne, Aaliyah Massaid hingga Ayu Ting-Ting

DistroChristie Percaya Panggung: Kapan Buka Bareng di BRI Festival 2024, Direpotkan Laki-Laki yang Buang-buang Waktu Saja. Cumi asin menjadi lauk yang digemari karena rasanya yang lezat. Jika ingin mendapatkan cumi yang enak dan gurih, pastikan untuk memasak cumi asin.

Resep Sambal Cumi Asin Untuk Jualan, Awet Hingga Satu Minggu

Di antara berbagai jenis ikan asin, cumi asin merupakan salah satu yang paling populer. Seperti halnya ikan asin, cumi asin juga merupakan salah satu hasil laut yang tujuannya untuk pengawetan. Gunakan garam untuk mencegah proses pembusukan.

Karena merupakan produk olahan dengan kandungan garam yang tinggi, maka mengolah cumi asin seperti halnya ikan asin memerlukan trik agar cumi tetap segar dan tidak terlalu asin atau gurih.

Cumi asin lezat diolah dengan berbagai bumbu. Yang paling populer dibuat dengan cabai, cabai hijau, dan cabai rawit atau kecombrang. Rasa pedasnya yang pedas membuat rasa cuminya semakin nikmat.

Pasar ini menjual beberapa jenis cumi asin. Yang pertama adalah cumi laut yang panjang dan pipih. Panjangnya sekitar 8-10 cm. Warnanya ungu dengan lapisan garam tipis.

See also  Nonton Film Korea True Beauty Sub Indo Bioskopkeren

Ide Resep Masak Cumi Asin Teratas Di 2024

Yang kedua adalah cumi kecil atau baby cumi. Ada bayi cumi yang biasanya berukuran panjang 2-3 cm. Cumi-cumi biasanya datang dengan kepalanya. Ada juga bayi cumi yang bertelur sepanjang 1-2 cm, bengkak, menggembung, dan agak keras.

Jenis cumi asinnya bisa Anda pilih sesuai selera atau sesuai dengan jenis cumi yang akan Anda siapkan. Jenis cumi bayi, terutama yang berukuran kecil dan bertelur, paling cocok untuk dibuat sambal. Selama ini, cuminya bisa dicampur dengan cabai atau bumbu lainnya.

Cumi asin yang dijual biasanya ditaburi garam halus yang digunakan untuk mengawetkannya. Bentuknya yang tipis dengan cumi-cumi yang masih empuk saat ditekan tandanya masih segar diasinkan. Ada juga yang ditaburi garam kental sehingga membuat cuminya keras dan kaku. Cumi-cumi ini sudah diawetkan sejak lama.

Saat membeli, pilihlah cumi asin yang aromanya segar, masih empuk, dan lapisan garamnya tipis. Baunya khas cumi, tidak tengik atau busuk. Oleh karena itu, tahapan penting dalam memasak cumi adalah merebusnya.

Resep Cumi Asin Pedas Dan Sedap Dengan Berbagai Olahan Beserta Tips Agar Tidak Alot

Cumi asin, cara memasak cumi asin yang tidak terlalu keras

Cara masak cumi empuk, tips masak cumi biar empuk, cara masak cumi asin biar empuk, cara goreng cumi biar empuk, cara masak cumi biar empuk, cara memasak cumi kering biar empuk, masak cumi biar empuk, cara masak cumi hitam empuk, cara masak sotong kering biar empuk, goreng cumi biar empuk, cumi biar empuk, cara merebus cumi biar empuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *