Alat Musik Asal Daerah Dan Cara Memainkannya

Alat Musik Asal Daerah Dan Cara Memainkannya – Foto: Ekspatriat Norwegia dan Swedia memainkan kendang tradisional atau alat musik tradisional milik suku Sasak di desa Sade, Lombok, NTB. (IST)

Alat musik tradisional adalah sekelompok alat musik yang produksi, penggunaan dan pengembangannya dilakukan di kalangan penduduk suatu daerah. Secara umum tidak diketahui siapa penemu alat musik tradisional. Keberadaan alat musik tradisional sudah ada sejak dahulu kala, sehingga kini menjadi warisan nenek moyang kita dan patut dilestarikan selamanya.

Alat Musik Asal Daerah Dan Cara Memainkannya

Di Indonesia alat musik tradisional terdiri dari berbagai macam bentuk, bahan dan fungsi, dan seiring berjalannya waktu beberapa alat musik tradisional dapat dimainkan dengan nada yang lebih modern.

Alat Musik Kolintang: Sejarah, Pengertian, Dan Cara Memainkannya

Peranan alat musik tradisional bermacam-macam, mulai dari pengiring kegiatan keagamaan, penggalang semangat, memeriahkan upacara, pengiring tari, alat hiburan diri dan masih banyak lagi yang lainnya. Meski banyak terdapat alat musik tradisional di Indonesia, namun kehadirannya kini telah tergantikan oleh alat musik yang lebih modern. Oleh karena itu, generasi sekarang sudah seharusnya mengenali keberadaan alat musik tradisional dan terus melestarikannya.

Dikutip dari Ensiklopedia Alat Musik Tradisional Karya R Toto Sugiarto dkk (2021), berikut jenis alat musik tradisional Indonesia dan asal usul daerahnya. Perlu ditegaskan bahwa alat-alat musik dari satu daerah dengan daerah lain bisa jadi serupa karena letaknya yang berdekatan atau dibuat bersama-sama, namun kegunaannya bisa saja berbeda.

Gamelan merupakan salah satu alat musik tradisional yang terdiri atas beberapa alat atau seperangkat alat musik yang sebagian besar tergolong alat musik perkusi. Beberapa alat musik tradisional Gamilan terbuat dari bahan kuningan dan dilengkapi dengan gagang kayu.

See also  Cara Membuka Pesan Lama Yang Sudah Dihapus

Seperti halnya gamelan, gambus terdiri dari seperangkat alat musik yang terdiri dari rebana, rebana, gong, dan es. Gambus, alat musik yang biasa dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu bertema Islami.

Angklung Merupakan Alat Musik Tradisional Dari Provinsi

Kotobong itu seperti gendang yang terbuat dari kayu dan kulit kambing. Alat musik ini dimainkan bersama dengan genderang perang, tarian Gondan, dan tarian Hawaii.

Alat musik tradisional Aceh ini terbuat dari kayu, tembaga dan kuningan. Sernai kayu terbuat dari beberapa jenis batang tanaman, seperti batang pohon buah-buahan atau bambu. Biasanya seruling dimainkan pada acara-acara hiburan. Menari atau menjamu tamu kehormatan.

Selempong merupakan alat musik perkusi tradisional yang dimainkan bersama dengan alat musik perkusi lainnya. Alat musiknya terdiri dari beberapa tongkat yang dimainkan dengan cara diletakkan di antara kedua kaki pemain.

Gendang dalam bahasa daerah disebut dengan dol. Gendangnya terbuat dari kayu dan kulit sapi serta menutupi kedua sisi badannya.

Lihat Cangor, Salah Satu Alat Musik Tradisional Jambi

Alat musik talempong ada yang terbuat dari kuningan, namun ada pula yang terbuat dari kayu dan batu. Bagian bawah talampong berbentuk bulat dan berlubang, serta bagian atasnya menonjol.

Rindik merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari 11-14 batang bambu dengan panjang yang bervariasi. Bentuk rindik mirip dengan kolintang yang umum terdapat pada budaya suku melayu.

Terbuat dari kayu dan kulit binatang. Burda lebih kecil dari rebana, tetapi dimainkan dengan cara yang sama untuk mengiringi lagu-lagu Islami.

Angklung adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Cara memainkan Angklung adalah dengan menggoyangkannya dengan kedua tangan.

Docx) Alat Musik Tradisional

Gandang Tabuk terbuat dari tiga bahan: kayu, rotan atau bambu. Tabuk biasanya digunakan untuk mengikuti ritual besar atau upacara Tabuk setiap tanggal 10 Muharram penanggalan Islam.

See also  Cara Pasang Vpn Di Chrome Android

Bentuk bansi mirip dengan saluang, namun ukurannya lebih pendek dan mempunyai lubang tujuh nada. Alat musik ini mengiringi lagu-lagu tradisional atau modern.

Serangko merupakan salah satu jenis alat musik tiup yang pada zaman dahulu digunakan sebagai pertanda kematian di kalangan penduduk Jambi.

Polopalo terbuat dari bambu dan bentuknya seperti garpu tala. Polo dimainkan oleh pemain yang membenturkan lutut atau bagian tubuh lainnya.

Alat Musik Beserta Cara Memainkannya

Alat musik khas Betawi ini merupakan warisan kesenian yang dijajah Portugis di Indonesia sejak abad ke-18. Tanjidor biasanya dimainkan pada pesta pernikahan atau resepsi tamu-tamu terhormat.

Arumba merupakan rangkaian alat musik yang terbuat dari bambu. Pertunjukan Arumba banyak dijumpai pada tarian Jawa Barat. Awalnya arumba hanya memiliki pentagram, namun sekarang menggunakan nada diatonis.

Ceng-ceng adalah alat musik tradisional yang terdiri dari enam buah logam berbentuk bulat di atasnya. Seng Seng biasanya dimainkan dengan cara memukul bagian kuningan bulat atas dengan bagian kuningan bulat bawah.

Alat musik tradisional asal dan cara memainkannya, alat musik daerah asal dan cara memainkannya, alat musik tradisional asal daerah dan cara memainkannya, nama nama alat musik dan cara memainkannya, 20 alat musik tradisional beserta asal daerahnya dan cara memainkannya, 10 alat musik daerah dan asalnya dan cara memainkannya, alat musik daerah dan cara memainkannya, 5 alat musik dan cara memainkannya, alat musik dan cara memainkannya, nama alat musik tradisional daerah asal dan cara memainkannya, gambar alat musik tradisional dan cara memainkannya, nama alat musik dan asal daerah dan cara memainkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *